Bunda Segala Suku, simbol cinta Tanah Air

Bunda Segala Suku, simbol cinta Tanah Air

“Bunda Maria menjadi perantara bagi bangsa Indonesia untuk mencintai bangsa dan Tanah Air, Per Mariam Ad Patriam” (Mgr I. Suharyo).

Santa Maria Bunda Segala Suku adalah Bunda Umat Berhikmat yang mempersatukan Umat Allah di bumi Indonesia ini dengan latar belakang yang berbeda-beda (suku, bahasa, agama, golongan, dll). Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat ditandai oleh:

  •  Mahkota peta Indonesia sebagai simbol bersama Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat, kita mau bersyukur atas anugerah negara dan bangsa yang besar dengan segala kekayaannya. Dilindungi oleh Allah yang ditandai oleh simbol keselamatan Salib dengan lingkaran cahaya.
  • Garuda Pancasila bertahta di dada menandai semangat bangsa Indonesia untuk membangun persatuan dan kesatuan dengan mengamalkan nilai-nilai baik kehidupan yang berlandaskan Pancasila.
  • Kerudung Merah Putih simbol Bendera bangsa Indonesia
  • Kebaya brokat putih gading panjang dengan lukisan wayang Dewi Kunthi tua simbol kesabaran penuh kesucian di sisi kanan bawah dan lukisan wayang Dewi Sri simbol kesejahteraan dan kedamaian di sisi kiri bawah.
  • Kain tenun dengan segala maknanya menjadi simbol bahwa kita menghargai dan menjunjung tinggi seni dan budaya bangsa.
  • Selendang biru Nusantara menyiratkan kebijaksanaan dengan kearifan lokal
  • Tangan yang terbuka adalah tanda bahwa Sang Bunda terbuka untuk menghantar segala harapan dan doa-doa kita kepada Putranya.
  • Latar belakang bernuansa biru dengan paduan seberkas cahaya putih kebiruan adalah lambang kesucian, kedamaian, kebijaksanaan, dan menandakan kualitas hidup yang penuh harmoni, bermartabat.
    Bersama Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat, semoga segala niat dan usaha kita untuk bertumbuh dalam kasih dan kesucian, dalam hikmat dan kebijaksanaan, menjadikan hidup kita, keluarga dan komunitas kita seberkas sinar yang menampakkan kemuliaan Tuhan dan ikut mengangkat martabat bangsa kita.

 

Doa St Maria

BUNDA SEGALA SUKU BUNDA UMAT BERHIKMAT

O, Santa Maria, Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat, terpujilah namamu di antara semua perempuan dan terpujilah Buah Tubuhmu, Yesus Kristus, Tuhan kami.
Bimbinglah kami agar memperoleh Roh Hikmat Putramu sehingga mampu memanggul salib kehidupan kami masing-masing, menyatukan hati untuk saling mengasihi dan tolong-menolong. Terlebih dalam usaha merawat persaudaraan, perdamaian, persatuan bangsa, dan lingkungan hidup kami di bumi Indonesia tercinta ini.
O, Santa Maria, Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat, semoga kami semakin bertumbuh dalam kasih dan kesucian, dalam hikmat dan kebijaksanaan.
Melalui doa-doamu, semoga kami diberi kemampuan untuk menjadi seberkas sinar yang menampakkan kemuliaan Tuhan dan ikut mengangkat martabat bangsa kami, bangsa Indonesia. Amin
Salam Maria 1X